Dari foto-foto ini saja sudah terlihat kalau lorong ini luar biasa sempit, meski tetap bisa dilalui. Tapi untuk lewat jalan ini, posisi harus miring. Bayangkan saja, lebarnya hanya 31 cm.



Yang bertubuh besar, apalagi gendut, jangan harap bisa lewat jalan ini. Entah bagaimana, tapi jalan sempit ini ternyata masuk dalam Guinness World Record sebagai jalan tersempit di dunia. Letaknya di Reutlingen, Germany.Keberadaan jalansempit ini sekalgus mematahkan rekor jalan tersempit sebelumnya di Parlemen Exeter, Inggris, yang lebarnya 62 cm.

Hanya mereka yang bertubuh kecil dan itupun dengan cara menyamping, bisa melewati jalan ini.

Sebenarnya jalan sempit di Reutlingen ini tak sengaja di bangun. Pada abad ke-18 kawasan itu adalah kawasan padat hunian, di mana jarak antara satu rumah dan rumah lainnya sangat berdekatan. Namun kebakaran hebat pada abad ke-18 memusnahkan kawasan itu dan hanya menyisakan reruntuhan tembok yang kokoh hingga kini. Jalan ini sebenarnya adalah jalan pintas untuk keluar dari halaman belakang gedung kawasan itu yang dikeliling tembok-tembok tinggi.

Jalan sempit ini begitu cepat terkenal ketika masuk dalam Buku Rekor Dunia sehingga menarik perhatian wisatawan untuk mencoba melewatinya. Sekalipun sebenarnya itu bukan jalan resmi.

lebarnya hanya 31 cm. Jalan ini masuk dalam Guinness World Record

Inggris juga punya jalan sempit, dulunya memegang rekor dunia sebelum muncul jalan sempit di Reutlingen, German. Jalan Parlemen Exeter, Inggris, lebarnya hanya 62 cm sedang panjangnya 50 mete, yang menghubungkan jalan ke Waterbeer Lane. Jalan ini dulunya disebut jalan kecil sebelum ganti nama pada 1832.

Inggris juga punya jalan sempit Jl Parlemen Exeter. Jalan ini sebelumnya tercatat dalam rekor dunia jalan tersempit sebelum dipecahkan oleh Reutligen, German

Pada abad ke -14 jalan ini disebut Jalan Kecil sebelum berganti nama pada 1832