Menurut sebuah penelitian, warga Amerika Utara masih terbangun di tengah malam untuk berselancar di dunia malam pada musim panas ini.

Begitu larut sampai penggunaan internet mencapai puncaknya pada pukul 11 malam waktu Amerika Bagian Timur.

Hal ini menunjukkan pergeseran dari tahun sebelumny dimana aktifitas internet mencapai puncak pada siang hari.

Penelitian yang dilakukan di Chelmsford, Mass. AS, Arbor Networks sebuah firma keamanan internet ini menemukan bahwa aktifitas internet mereka yang menggunakan internet saat bekerja dan sekolah mencapai puncak pada pukul 4 sore waktu Amerika Timur saat hari kerja.

Aktifitas internet kemudian menurun saat orang-orang kembali ke rumah. Pukul 8 Amerika bagian timur aktifitas internet mulai bertambah dan terus berlangsung sampai tengah malam. Saat jam menunjukkan pukul 2 pagi Amerika timur aktifitas internet meningkat seperti pada pukul 9 pagi, saat dimana orang-orang bekerja mulai menggunakan internet.

Walaupun perbedaan waktu antara Amerika timur dan barat adalah dua jam tapi populasi Amerika timur dan tengah meliputi 3/4 total populasi sehingga ini menunjukkan betapa ramainya internet di malam hari.

Hal ini juga menunjukkan bahwa warga Amerika terjaga lebih larut jika dibandingkan dengan warga Eropa. Internet di Eropa mencapai puncaknya pukul 9 malam kemudian menurun secara tajam.

Apakah penyebabnya? Tampaknya video di internet termasuk YouTube dan pornografi menjadi penyebab utamanya, menurut Carig labovitz.

Aktifitas lainnya adalah gaming, tapi hanya intensif antara 8 malam sampai 11 malam. Labovits menemukan peningkatan online gaming tepat pukul 8 malam dan berspekulasi bahwa ini disebabkan karena para pemain ‘World of Warcraft’ biasa berkumpul pada waktu ini untuk mengalahkan monster virtual.

Arbor mengumpulkan data dari penyedia jasa internet yang mencatat aktifitas internet warga Amerika. Penelitian ini meneliti 10 minggu hari kerja di bulan Juli. Labovitz mengatakan bahwa angka ini juga mungkin dipengaruhi oleh anak-anak yang libur selama musim panas dan berencana untuk melanjutkan penelitian ini dimusim lain.