MASSACHUSETTS–MI: Sebuah buku yang ditemukan Stanley Dudek, warga Massachusetts, Amerika Serikat, mungkin menjadi buku terlama yang pernah dipinjam di perpustakan. Bayangkan, buku tersebut baru kembali setelah terlambat hampir satu abad, tepatnya 99 tahun!

Stanley Dudek, datang ke Perpustakaan Umum New Bedford di Massachusetts, AS, minggu ini untuk mengembalikan sebuah buku yang ditemukannya saat mencari barang-barang milik ibunya, yang meninggal sekitar 10 tahun yang lalu. Setelah di cek oleh petugas perpustakaan, buku yang ditemukan Dudek tersebut seharusnya kembali pada tanggal 10 Mei 1910, atau 99 tahun yang lalu.

Saking lamanya buku itu baru kembali, tercatat, sebanyak 361,35 dolar harus dibayar untuk biaya keterlambatan. Karena biaya terlambat peminjaman buku pada tahun 1910 sebesar satu sen perhari.

Dudek memang tidak akan dikenakan biaya atas keterlambatan pengembalian buku tersebut, terlebih dia memutuskan mengembalikan buku tersebut karena merasa adalah hal yang benar untuk dilakukannya. Pihak perpustakaan bahkan berencana untuk menampilkan buku tersebut dalam koleksi khusus