Pada sistem penanggalan suku Maya yang merupakan kalender paling akurat sampai sekarang yang pernah ada di bumi, akan terjadi ‘end of times’ atau kiamat pada tahun 2012. Maraknya mitos tahun 2012 yang sampai saat ini masih diperdebatkan oleh para ilmuwan, membuat sutradara Roland Emmerich mengangkatnya ke layar lebar.

(Finroll Entertainment) – Ramalan suku Maya tentang kiamat yang akan terjadi pada 12.21.12 (baca: 21 Desember 2012) mulai menunjukkan kebenarannya ditandai dengan retaknya lapisan bumi di berbagai daerah. Seorang ilmuwan India, Dr. Satnam Tsurutani (Jimi Mistry) memperlihatkan gejala aneh pergerakkan bumi kepada temannya, Adrian Helmsley (Chiwetel Ejiofor) yang juga seorang ilmuwan di Amerika.

Adrian akhirnya langsung memberitahukan hal ini ke atasannya, Carl Anheuser (Oliver Platt) untuk mengumumkannya ke seluruh umat manusia di dunia. Namun karena tidak ingin menimbulkan kepanikan dunia, pemerintah mengambil tindakan tutup mulut.

Jakcson Curtis (John Cusac), seorang penulis yang juga supir untuk presiden Rusia berencana melakukan camping bersama anak-anaknya ke sebuah danau di Yellowstone. Sesampainya disana, ternyata Yellowstone telah ditutup untuk umum. Curtis pun menerobos masuk, namun ia sangat kaget ketika melihat danau tersebut ternyata telah menguap.

Di Yellowstone, Curtis bertemu dengan Charlie Frost (Woody Harrelson), seorang yang membawakan segmen radionya dan menulis kepercayaannya di blog bahwa suku Maya benar tentang 2012. Ia pun diberitahunya tentang keberadaan sebuah pesawat yang bisa menyelamatkannya dari bencana kiamat.

Keesok harinya, pertanda kiamat semakin hebat. Berawal dari retakan besar di California sampai runtuhnya seluruh kota Los Angeles ke Samudera Pasifik. Curtis yang telah diperingati Frost berhasil menyelamatkan anak-anak dan mantan istrinya dengan menggunakan pesawat carteran di Santa Monica.

Berhasil selamat dari Lo Angeles, Curtis semakin terkejut ketikan tahu bencana ini tidak hanya terjadi di kotanya. Gunung api super Yellowstone meletus yang mengakibatkan hujan lava, Washington D.C dilanda tsunami yang menghancurkan Gedung Putih, atung Kristus Sang Penebus yang berdiri kokoh di Rio de Janeiro hancur, dan yang tak kalah mengejutkan basilika Gereja Santo Petrus di Vatikan runtuh hingga menimpa para umat yang sedang berdoa.

Pada akhirnya, seluruh dunia ditelan gelombang tsunami dahsyat. Punahkah kelangsungan umat manusia di dunia saat itu?

Kecanggihan efek-efek khusus dalam film 2012 membuat kita sangat merinding. Seolah benar-benar memberikan kita gambaran akan dahsyatnya jika terjadi kiamat nanti.

Pesan yang ingin disampaikan juga sangat mengharukan dimana para negarawan benar-benar menunjukkan aksi heroiknya untuk menyelawatkan para warganya dan orang-orang yang dicintainya. Film ini akan bisa anda saksikan di bioskop mulai besok, 13 November 2009.

Genre:
Action/ Drama
Director:
Roland Emmerich
Pemain:
John Cusack as Jackson Curtis
Amanda Peet as Kate Curtis
Chiwetel Ejiofor as Adrian Helmsley
Thandie Newton as Laura Wilson
Oliver Platt as Carl Anheuser
Thomas McCarthy as Gordon Silberman
Woody Harrelson as Charlie Frost
Danny Glover as President Thomas Wilson
Jimi Mistry as Dr. Satnam Tsurutani