“Jangan hanya melakukan debat lalu berhenti di situ. Sudah cukup kesengsaraan yang dialami rakyat Palestina, Majelis Umum harus menindaklanjuti laporan itu,” kata Kuasa Usaha Sementara Perwakilan Tetap RI untuk PBB (PTRI) di New York, Duta Besar Hasan Kleib, Kamis (5/11).

Seperti dikutip inilah.com Laporan Misi Pencari Fakta PBB tentan Gaza itu menyimpulkan Israel memang melanggar HAM serta melakukan kejahatan kemanusiaan di wilayah Palestina. Sebelumnya, Hasan menyampaikan pembahasan laporan resolusi pelanggaran HAM Israel di wilayah Palestina yang mereka duduki, terutama Jerusalem Timur.

Dewan yang bermarkas di Jenewa, Swiss, itu juga mengesahkan rekomendasi yang ditujukan berbagai pihak, termasuk Majelis Umum PBB. Rekomendasi itu dibuat oleh Misi Pencari Fakta soal Konflik Gaza, yang dipimpin oleh ahli hukum terkemuka dan independen asal Afrika Selatan, Richard Goldstone.

Dalam pernyataan yang disampaikan Hasan di Sidang Majelis Umum (General Assembly) di Markas Besar PBB, Indonesia mendesak majelis memperhatikan rekomendasi yang dikeluarkan berdasarkan laporan Richard Goldstone soal pelanggaran HAM oleh Israel di jalur Gaza.